29.2 C
Jakarta
29.2 C
Jakarta
spot_img

KRISIS MORAL PEJABAT, TB Massa: Ini Cerminan Buruknya Etika dan Moral Pimpinan Parpol

Published:

POLITICS NEWS & TALK | visibangsa.com – Jakarta, Hilangnya nilai-nilai etika dan moral para pejabat publik, dinilai Assoc. Prof. Dr. TB Massa sesungguhnya mencerminkan betapa buruknya etika dan moral para pimpinan partai politik.

Pernyataan tersebut disampaikan pakar ilmu politik Unas itu pada sesi Bincang Spesial Jurnal Politik TV, edisi Kamis (11/7-2024) yang digelar di Galeri Darmin Kopi kawasan Jalan Durentiga Raya, Pancoran Jakarta Selatan.

Disebutkan TB Massa, para elit penguasa partai politik melalui parlemen sesungguhnya memiliki andil besar dalam menentukan siapa yang akan dipilih menjadi pimpinan lembaga-lembaga negara. Termasuk menetukan para pimpinan MK, KPK maupun KPU yang belakangan masing-masing Ketua-nya dicopot karena melakukan pelanggaran etik berat.

“Sudah menjadi rahasia umum kalau pemilihan para pimpinan lembaga negara itu, sarat dengan kepentingan politik dan kekuasaan,” tegas TB Massa.

Meski mengaku pesimis, TB Massa menyebut penyimpangan etika dan moral para pejabat publik itu hanya bisa diatasi jika para elit parpol mau menghentikan “cawe-cawe” kepentingan politik dan kekuasaan dalam proses pemilihan para pimpinan lembaga negara.

Ke depan Ketua Program Doktor Ilmu Politik Unas itu juga berharap agar Prabowo sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan mendatang menunjukkan jati dirinya sebagai negarawan.

“Prabowo harus menunjukkan bahwa dirinya berbeda dengan elit politik lainnya,” ujar TB Massa. | red. VS-001

Facebook Comments Box
spot_img

Related articles

Recent articles