33.4 C
Jakarta
33.4 C
Jakarta
spot_img

GURU INI BISNIS KOPI KARO : Ada Orang Amerika Jadi Pelanggannya

Published:

BUSINESS TALK NEWS| visibangsa.com – Kopi Karo memang belum seterkenal varrietas kopi lainnya seperti kopi Gayo dari Aceh atau kopi Sidikalang dari Sumatera Utara. Padahal Kopi Karo waktu zaman kolonial Belanda dulu pernah berjaya menembus pasar Eropah.

Belakangan kopi yang bersal dari dataran tinggi pegunungan di Kabupaten Tanah Karo Sumatera Utara ini mulai kembali menggeliat, merambah pasar dalam maupun luar negeri.

Bussiness Talk visibangsa.com berhasil mengundang salah satu pelaku usaha Kopi Karo untuk bercerita bagaimana lika-liku menggeluti komoditas yang satu ini. Ramlan Meliala adalah orang Karo asli yang sukses menjadi guru, kini juga behasil mengembangkan bisnis kopi dari kebunnya sendiri.

Selain berhasil pelanggan dari berbagai daerah di Indonesia hingga Amerika, Ramlan juga berhasil mengajarkan peluang bisnis Kopi Karo ini pada murid-muridnya.

“Kebetulan saya guru ekonomi, jadi bisa mengajarkan tak hanya teori, tapi juga praktek dengan contoh nyata bisnis yang saya geluti,” ujarnya kepada Host Hadhy Priyono dalam sesi Business Talk visibangsa.com pada Rabu (12/6-2024) dari Tanah Karo, Sumatera Utara melalui sambungan langsung jarak jauh | VS-001

Facebook Comments Box
spot_img

Related articles

Recent articles